DESA BINAAN



SEMARANG-hmtpundip.com. Salah satu dari 3 event DIPOCITION 2015 adalah Desa Binaan. Yap, dilihat dari namanya pasti sudah tahu kan apa inti dari kegiatan ini. Desa Binaan adalah sebuah acara yang diadakan pada hari Minggu, 8 November 2015 di kelurahan Plalangan, kecamatan Gunungpati, kota Semarang sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Warga HMTP beserta seluruh panitia DIPOCITION 2015 bekerja sama dengan Planologeek (Tim Riset Planologi) melakukan kajian potensi dan masalah dalam perspektif Ilmu Planologi.

Pagi hari sekitar pukul 7 pagi, acara dimulai dengan senam sehat yang diharapkan dapat memicu semangat dari seluruh panitia, peserta, dan warga kelurahan Plalangan. Setelah senam berakhir yang ditandai dengan keringat bercucuran kemudian diikuti dengan sambutan dari ketua HMTP dan kepala desa.


Acara inti dari desa binaan ini adalah penyuluhan mengenai verticultur yaitu mengenai cara menanam dengan sistem vertikal yang diharapkan dapat menghemat lahan yang sebagaimana kita tahu bahwa kebutuhan akan lahan terus meningkat namun ketersediaan lahan tetap. Materi mengenai verticultur oleh salah satu dosen dari FPP (Fakultas Peternakan dan Pertanian) kepada peserta dan warga Plalangan. Tidak lengkap rasanya jika tidak ada praktek maka dari itu setelah materi selesai diberikan dilanjutkan dengan praktek oleh para warga Plalangan.

Acara ditutup dengan hiburan-hiburan oleh panitia, peserta dan warga yang unjuk gigi untuk tampil dengan memamerkan suara merdu mereka. Desa Binaan ini diharapkan dapat berkelanjutan sehingga para mahasiswa Planologi dapat memberikan aksi nyata mereka dan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

"Mencintai tanah air Indonesia dapat ditumbuhkan dengan mengenal Indonesia bersama rakyatnya dari dekat" - Soe Hoek Gie

PLANOLOGI BERBAGI, MENGABDI, DAN BERAKSI !