Opening Planoducation : Membangun Generasi Penerus Bangsa

SEMARANG-hmtpundip.com Minggu/06/2016. Setelah satu minggu melaksanakan rapat kerja untuk memaparkan program kerja yang akan dilaksanakan 1 periode kepengurusan HMTP 2016. Hari ini salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Teknik Planologi yaitu Planoducation yang dinaungi oleh Departemen Media Informasi dan Komunikasi telah melakukan opening kegiatan di Kelurahan Jabungan. Planoducation merupakan program kerja dibidang sosial, yang berupa bimbingan belajar ke anak – anak SD di Kelurahan Jabungan. Acara ini bertujuan untuk membantu anak – anak di kelurahan ini untuk mengatasi permasalahan dalam belajar, disini juga diajarkan tentang pentingnya belajar dan menggapai mimpi melalui bimbingan belajar yang asik dengan materi – materi yang seru yang belum tentu didapatkan di sekolah.
              Planoducation ini merupakan bimbingan belajar setiap satu minggu sekali dan tepatnya setiap hari jumat sore. Hari ini baru saja dibuka acara Planoducation untuk mengawali bimbingan belajar setiap jumat sore. Acara pembukaan Planoducation hari ini dihadiri oleh anak – anak di kelurahan Jabungan dari kelas 1 sampai 6 serta tim pengajar dari mahasiswa Teknik Planologi Universitas Diponegoro. Kegiatan hari ini merupakan pengenalan apa itu Planoducation, pengenalan pengajar – pengajar, dan diisi dengan games kolase dan tentunya bimbingan belajar yang singkat. “aku seneng acaranya seru, ada permainan, ada makanan aku gak sabar hari jumat besok”, Ujar Pepi salah satu peserta Planoducation.
Acara hari ini dimulai dari pukul jam 07.45 yang dibuka oleh ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Planologi saudara Fikrah El-Hifzi melalui pemberian balon kepada para peserta Planoducation, setelah itu acara dimulai ke sesi perkenalan tim pengajar kepada para peserta agar saling mengenal dan lebih akrab, selanjutnya acara dilanjutkan dengan games kolase disini para pengajar dan peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk berkolaborasi bersama menghias lukisan dengan potongan – potongan kertas warna hingga membentuk karya yang jelas. Setelah itu acara dilanjutkan dengan sarapan bersama dengan guru dan pengajar dan acara yang terakhir adalah bimbingan belajar disini peserta bebas menanyakan seputar pelajaran, menanyakan PR dan bercerita kepada para pengajarnya. Para peserta sangat aktif dalam kegiatan pembukaan hari ini mulai dari aktif dalam games, maupun bimbingan belajar, banyak dari mereka yang merasa waktunya sebentar sekali karena mereka merasa belum puas belajar dan bercerita kepada kakak pengajarnya, begitupula para tim pengajar yang merasa senang dengan kegiatan hari ini walaupun beberapa diantaranya kewalahan menghadapi peserta yang hiperaktif. ”Acara hari ini seru, bagus dan mendidik. Ditambah lagi dengan antusiasme dari anak Sdnya tinggi, kegiatan seperti ini salah satu media untuk mencerdaskan anak bangsa. Saya pribadi khususnya bisa belajar juga bagaimana menghadapi dan mengajari anak – anak SD”, Ujar Intan Hapsari selaku tim pengajar Planoducation. Acara pembukaan Planoducation telah dilaksanakan hari ini, artinya mulai Jumat 11 Maret 2016 mahasiswa Teknik Planologi akan melakukan kegiatan bimbingan belajar ke anak – anak SD di Kelurahan Jabungan. (Medikom)