PROFIL HMTP


Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota merupakan salah satu Jurusan di Fakultas Teknik yang ada di Perguruan Tinggi Universitas Diponegoro. Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota ini mempelajari multidisiplin ilmu dengan bidang perencanaan dan bagaimana pengalokasian ruang, guna memenuhi kebutuhan manusia untuk mendukung aktivitasnya. Di dalam perkuliahan selain bidang akademis yang menjadi prioritas utama, dibutuhkan juga keahlian mahasiswa dalam bidang lain seperti kreativitas, keaktifan, interaksi dengan sesama mahasiswa lain yang belum tentu didapatkan di bangku perkuliahan. Hal tersebut dibutuhkan karena mahasiswa sebagai generasi-generasi penerus bangsa tidak hanya dapat berkompeten di bidang akademis saja, melainkan didukung dengan softskill yang bisa dilatih dengan mengikuti organisasi.

Himpunan Mahasiswa Teknik Planologi (HMTP) merupakan himpunan mahasiswa yang terdapat di Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota. Berdiri sejak tahun 1993 dengan SK Rektor No.041/sk/pt.09/1991 Tentang Pedoman Umum Organisasi dan Tata Kerja Kelembagaan Mahasiswa Universitas Diponegoro. HMTP merupakan wadah bagi para mahasiswa Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota yang ingin belajar berorganisasi dan mengasah softskill yang akan menjadi bekal mereka kelak di dunia kerja. Kepengurusan HMTP berlangsung selama satu periode dengan syarat keanggotaan HMTP merupakan mahasiswa Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota dan telah dikukuhkan sebagai anggota HMTP sesuai dengan AD/ART dan GBHO.

Struktur organisasi yang ada di HMTP yaitu, Ketua dan Wakil Ketua Himpunan, Tim Penelitian dan Pengembangan (LITBANG), Sekretaris Internal dan Eksternal, Bendahara Internal dan Eksternal, serta lima Departemen dengan segala bidangnya. Departemen I adalah Departemen Minat dan Bakat (MIKAT), Departemen II adalah Departemen Pendidikan dan Penalaran (DIKLAN), Departemen III adalah Departemen Kesejahteraan Mahasiswa (KESMA), Departemen IV adalah Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) dan Departemen V adalah Departemen Media Informasi dan Komunikasi (MEDIKOM). Selain itu terdapat dua Biro yang bekerja sama dengan HMTP yaitu Biro Al-Madinah yang berkonsentrasi dengan kegiatan-kegiatan keagaaman (Islam) dan Biro Planologeek yang berkonsentrasi di bidang riset tentang perencanaan wilayah dan kota.