RANGKAIAN ACARA DIPOCITION 2015



SEMARANG-hmtpundip.com. Sebagai salah satu bukti eksistensi sebuah himpunan mahasiswa, tentunya keberadaan proker besar memiliki nilai tambah bagi keeksistensian himpunan tersebut. Sayangnya, proker besar yang marak bermunculan pada era saat ini melenceng dari tuigas himpunan mahasiswa itu sebenarnya. Hal tersebutlah yang melatarbelakangi Himpunan Mahasiswa Teknik Planologi UNDIP membuat acara di program kerja besarnya berbeda dan membuat searah dan terarah dengan visi fakultas dan universitas diponegoro itu sendiri yang beriklim riset.

DIPOCITION (Diponegoro In Action)

Dipocition yang telah terlaksana kemarin merupakan salah satu ajang bagi HMTP UNDIP untuk ‘unjuk gigi’ bahwa sebagai himpunan mahasiswa harus bisa merepresentasikan tugas dari mahasiswa di setiap disiplin ilmu yang dibawanya.

Melalui 3 rangkaian acara yang dilakukan sebagai ajang memperingati Hari Tata Ruang nasional di bulan November yaitu Desa Binaan, LKTI & Seminar nasional dan closing eventnya yaitu Plancious, HMTP UNDIP berusaha mewadahi kreatifitas-kreatifitas anak muda dalam mewujudkan creative city di Indoensia khususnya di Kota Semarang.

Desa Binaan merupakan salah stau bentuk bukti nyata dan action dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat yang dilakukan HMTP UNDIP di Kelurahan Plalangan Kecamatan Gunungpati Semarang melalui proses riset yang telah dilakukan tim Planologeek (Tim Riset Planologi) guna mengkaji potensi masalah yang ada di wilayah tersebut. Tentunya melalui acara yang dikemas secara kreatif, inovatif dan implementatif akhirnya membuat program Desa Binaan tersebut dapat berjalan sukses!

Program yang kedua yang berhasil dilaksanakan HMTP dengan sukses dan meriah adalah Seminar Nasional dan LKTI. Sebagai seorang pemuda dan mahasiswa, keberadaan LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional) merupakan salah satu platform dan wadah bagi mahasiswa guna menyampaikan aspirasinya secara postif! Karena bagitu banyak cara positif yang dapat kita lakukan sebagai mahasiwa guna mendukung pembangunan dan perkembangan perkotaan di Indonsia. Setelah LKTI, seminar nasional merupakan agenda selanjutnya dari kegiatan ristek yang ada guna mempercantik dan penyempurna di acara DIPOCITION. So, begitu banyak kepala dan pikiran yang tersalurkan dengan positif!

Dan setelah berpusing-pusing ria dengan agenda yang begitu padat mengenai hal berbau pendidikan dan penalaran di Dipocition. Now! HMTP Happiliy and Proudly presents Plancious!. Plancious merupakan closing event festival kota kreatif DIPOCITION dengan menampilkan dan menyajikan music kreatif-kreatif di Semarang dan talkshow komunitas-komunitas kreatif di Kota Semarang, Jogjakarta, dan Kota Surakarta! Acara tersebut tentunya tidak sekedar ‘hura-hura’ akan tetapi tetap menyelipkan unsur dan variabel pembentuk kota kreatif di masa depan tentunya.

Pada akhirnya acara DIPOCITION yang telah sukses diselenggarakan merupakan salah satu platform kecil guna mendukung pembangunan dan perkembangan kota di Indonesia pada perspektif mahasiswa dan pemuda. Kegiatan tersebut kecil jika dilakukan oleh HMTP UNDIP sendiri. Sehingga perlu dukungan dan partisipasi aktif dari pemuda, mahasiswa, dan Himpunan tentunya guna menyelaraskan dan mewujudkan Visi Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, dan Indonesia tentunya,

PLANOLOGI BERBAGI, MENGABDI, DAN BERAKSI !