PSDM Peka - Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Pra Dasar Sebagai Sarana Awal Pengembangan Diri Mahasiswa Baru

     Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) merupakan sebuah sarana pengembangan diri bagi mahasiswa untuk menunjang kegiatan keorganisasian. Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa sejatinya merupakan tempat mahasiswa untuk belajar dan berlatih sebelum memasuki organisasi. Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) pada dasaranya dibagi menjadi 4 tingkatan sesuai dengan kebutuhan pengembangan keorganisasian mahasiswa. Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa terdiri atas tingkat Pra Dasar, Tingkat Dasar, Tingkat Menengah dan Tingkat Lanjut. Keempat tingkatan ini memiliki fungsi dan fokus pengembangannnya masing-masing.
     Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Pra Dasar (LKMM-PD) merupakan latihan keterampilan yang diberikan saat mahasiswa baru menginjak semester 1. Latihan ini lazimnya diselenggarakan oleh setiap program studi.   LKMM Pra Dasar diberikan sebagai pembekalan awal untuk mahasiswa baru. LKMM Pra Dasar juga merupakan bagian dari fase pembentukan mahasiswa baru. Latihan Keterampilan Manajemen Mahasisw Pra Dasar ini disebagian program studi dan departemen di Universitas Diponegoro merupakan sebuah syarat mahasiswa baru untuk dapat diterima menjadi anggota dari departemen atau program studi tersebut. LKMM-PD juga menjadi syarat bagi sebagian besar organisasi kemahasiswaan untuk anggota barunya.
     Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Pra Dasar (LKMM-PD) memiliki beberapa tujuan sesuai dengan buku pedoman kaderisasi yaitu:
  •          Pengetahuan dasar dan terapan dalam berorganisasi
  •          Pemantapan personal dan kekompakan angkatan
  •          Menumbuhkan motivasi berorganisasi
  •          Memacu keberanian dalam berpendapat bagi seluruh peserta
  •          Memberikan gambaran organisasi yang profesional
  •          Menyiapkan mahasiswa baru untuk siap dipimpin


     Berdasarkan tujuan tersebut maka LKMM-PD di kemas dalam beberapa kegiatan diantaranya materi dalam kelas, Focus Group Discussion, Outbound, Pentas Seni hingga Simulasi Teknik Sidang. Adapun fokus materi dalam kegiatan LKMM-PD biasanya meliputi materi manajemen diri, motivasi berprestasi, pentingnya komunikasi hingga kekompakan tim. Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Pra Dasar (LKMM-PD) ini sangat penting dilakukan dan kegiatan ini merupakan kegiatan resmi yang dianjurkan oleh Direktorat Jendral Perguruan Tinggi, Kementrian Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Melihat pentingnya kegiatan ini beberapa program studi menjadikan kegiatan ini syarat wajib kelulusan dalam pendampingan mahasiswa baru dan syarat untuk mengikuti keanggotaan organisasi.