PSDM Menulis #1: Plagiarisme Rabbit Town, Plagiarisme?

psdm


Rabbit Town adalah wisata baru di Kota Bandung yang dibuka secara trial opening pada tanggal 11 Januari 2018. Lokasi Rabbit Town Ciumbuleuit mengusung tema utama berupa binatang kelinci yang dapat dibeli dan dibawa pulang oleh pengunjung. Selain itu, Rabbit Town juga menawarkan objek wisata yang menggabungkan antara wisata kuliner, fashion, spot foto, dan kebun binatang. Rabbit Town menjadi rujukan atau destinasi baru khususnya di Kota Bandung. Tapi, bukan karena publikasi yang menjadikan Rabbit Town terkenal, melainkan karena adanya isu bahwa Rabbit Town melakukan plagiarisme.

Plagiarisme menurut KBBI adalah kegiatan pengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat dan sebagainya) sendiri, misalnya menerbitkan karya tulis orang lain atas nama dirinya sendiri. Dimana muncul sebuah praduga bahwa terdapat tindakan plagiarisme yang dilakukan oleh arsitek maupun perancang kawasan Rabbit Town tersebut. Hal tersebut muncul karena adanya kemiripan yang terjadi di beberapa spot, contohnya sebagai berikut:

1. Pink Ice Cream Banana vs Banana Split Room

Spot foto Pink Ice Cream Banana menyuguhkan konsep unik dengan pisang berwarna merah muda dan kuning. Namun, spot ini memiliki kemiripan dengan Banana Split Room di Museum of Ice Cream di Los Angeles. Desain yang dimiliki pun terlihat mirip.


2. Ice Cream vs Ice Cream Light

Konsep ice cream di rabbit town juga terlihat sama dengan konsep yang dapat ditemukan di moic los angeles. Perbedaan keduanya terletak di bentuk corn yang apabila sekilas melihat, tidak akan menyadari perbedaan tersebut. Sehingga tidak heran apabila muncul sebuah praduga plagiarisme dalam pengaplikasiannya.


Praduga tindakan plagiarism ini kemudian sangat disayangkan. Hal tersebut disebabkan karena kasus plagiarisme di Rabbit Town terjadi di luar nalar, dimana konseptor, arsitek, maupun perencana yang terlibat seharusnya memiliki desain masing-masing. Namun di samping reaksi negatif pada Rabbit Town, terdapat pula dukungan dari masyarakat lainnya. Dimana terdapat masyarakat yang menilai bahwa suatu kemiripan karya adalah hal lumrah yang sering terjadi.

Perbedaan pandangan pasti akan terjadi dalam menanggapi isu tertentu. Reaksi-reaksi tersebut tidak dapat disalahkan secara murni.Namun, sebuah isu tindakan plagiarisme adalah suatu tindakan yang melanggar hak-hak yang dimiliki individu atau kelompok tertentu. Dimana isu plagiarisme merupakan suatu hal yang dianggap tabu dilakukan oleh perencana terlebih Kota Bandung terkenal sebagai “The Creative City”. Sehingga, tindak lanjut yang direkomendasikan adalah adanya kajian lanjut terkait apakah perlu diubah konsepnya atau pihak pengelola mencantumkan nama inspirator yang menjadi acuan dalam pembuatan spot foto. Selain itu, kejadian ini dapat dijadikan pembelajaran bagi seniman lainnya agar lebih peka dengan karya seni sebelumnya sehingga tidak muncul praduga plagiarisme lainnya. Sebuah tindakan plagiarisme merupakan hal yang tidak dapat ditolerir dalam bidang pendidikan. Sebagai mahasiswa, khususnya mahasiswa perencana kita harus memiliki integritas dalam menanggapi suatu isu tertentu terutama isu yang sensitif seperti plagiarisme.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar