Hari Satelit Palapa


[Hari Satelit Palapa]

Hari satelit palapa? Emangnya ada ya? 

  Hari Satelit Palapa jatuh pada tanggal 9 Juli. Kalian pasti tidak asing lagi dengan sumpah Palapa yang diucapkan oleh Patih Gajah Mada di masa kerajaan Majapahit. Kita tidak akan membahas asal usul sumpah tersebut, tetapi kita akan membahas tentang teknologi dari satelit Palapa yang namanya juga diambil dari sumpah tersebut.

  Peluncuran pertama satelit komunikasi domestik Palapa A-1 ke angkasa pada 9 Juli 1976. Satelit yang merupakan buatan dari Hughes (AS) ini diluncurkan dari tanjung Canaveral, Florida, AS. Peluncuran satelit Palapa ini menempatkan Indonesia sebagai negara ketiga setelah Amerika Serikat (AS) dan Kanada dalam teknologi per-satelitan. Keputusan Presiden Soeharto ketika itu untuk membeli satelit Palapa ini, sekarang terlihat manfaatnya. Mungkin tanpa satelit Palapa sudah tidak ada Indonesia yang kita kenal sekarang ini, satelit komunikasi yang menghubungkan seluruh kepulauan Nusantara dari Sabang sampai Merauke. Saat itu, Palapa A-1 ditempatkan pada orbit di ketinggian 36.000 km diatas bumi dan dikendalikan oleh Stasiun Pengendali Utama (SPU) di Cibinong, Jawa Barat.

  Kemudian, Indonesia berhasil meluncurkan satelit berikutnya yang diberi nama Palapa A-2, Palapa B-1, Palapa B-2, Palapa C-1, dan lainnya.

Nah sekarang sudah tahu kan? Semoga bisa menambah wawasan ya cah. Selamat Hari Palapa semua!

Sumber : 
Nabilla. (2015). “Hari Satelit Palapa”. Dalam www.hm.if.undip.ac.id







____________________
-HMTP Undip 2018-
Harmoni dalam Karya, untuk Planologi Jaya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar