Hari RRI Nasional


[HARI RRI NASIONAL]

Halo Cah Plano ! Apa Kabar Radio Hari Ini ?😁

Pada hari ini tepat diperingatinya hari kelahiran Radio Republik Indonesia (RRI) yang didirikan pada tanggal 11 September 1945. Hal tersebut  juga yang menjadi peringatan Hari Radio Nasional.

RRI didirikan kurang lebih satu bulan setelah radio Hoso Kyoku dihentikan pada 1945. Saat itu, tidak ada media penyebaran informasi pasca kemerdekaan. Padahal, saat itu, radio luar negeri mengabarkan tentara Inggris yang mengatasnamakan sekutu akan menduduki Jawa dan Sumatera. Atas keadaan genting tersebut, Akhirnya, delapan orang wakil dari bekas radio Hosu Kyoku bertemu di Jakarta.

Kedelapan orang tersebut adalah Abdulrahman Saleh, Adang Kadarusman, Soehardi, Soetarji Hardjolukita, Soemardi, Sudomomarto, Harto, dan Maladi. Pada 11 September 1945 pukul 17.00 WIB, mereka berkumpul dan diterima oleh Sekretaris Negara di bekas gedung Raad Van Indje, Pejambon. Hasil dari rapa tersebut ialah terbentuknya RRI dengan Abdurachman Saleh sebagai pimpinannya.

Seiring dengan perkembangannya, radio tidak hanya berfungsi menyiarkan berita saja. Lebih dari itu, radio menjadi sarana penyebaran tren dan informasi lainnya, mulai dari sandiwara radio, lagu-lagu terbaru, hingga sejumlah wawancara diputar dan disiarkan di radio.

Selamat Hari Radio Nasional, para pendengar radio di seluruh penjuru Indonesia!

Sumber : Saraswati Paramitha, Dyah.2017.”SELAMAT HARI RADIO NASIONAL”. Dalam www.hot.detik.com


__________________
-HMTP Undip 2018-
Harmoni dalam karya, untuk Planologi Jaya !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar