Press Release: Dipocition 2018



PRESS RELEASE:

DIPOCITION 2018

Halo! 
  Ahirnya rangkaian acara Dipocition 2018 sudah selesai dilaksanakan dengan lancar dan sukses. Untuk kamu yang belum tahu, Dipocition 2018 merupakan rangkaian acara yang diselenggarakan oleh HMTP Undip dan bertujuan untuk memeringati Hari Tata Ruang yang dirayakan setiap tanggal 8 November. Rangkaian acara yang dimaksud terdiri atas LOKASI (Lomba Karya Tulis dan Mading 3D) serta PARADISE (Planology Art and Steet Food in Semarang). Pada tahun ini, tema yang diusung oleh Dipocition 2018 adalah “Urban Heritage” dengan turunan tema yang diusung oleh LOKASI adalah “Built the Future from the Past” dan Paradise “Rhytym of the Culture”.

LOKASI

  LOKASI diselenggarakan selama dua hari pada tanggal 20 Oktober – 21 Oktober 2018. Pada hari pertama, kegiatan yang dilaksanakan yaitu presentasi LKTI serta pembuatan mading 3D oleh siswa se-Jateng DIY. Juri yang diundang untuk menilai hasil LKTI adalah Ir. Tjoek Suroso Hadi selaku Dosen Arsitektur Unissula, Grandy Loranessa, ST, MT selaku Dosen PWK Undip, dan Dr. Eng Bangun I.R.H, ST, MT selaku Dosen Arsitektur Undip. Sedangkan, juri yang diundang untuk menilai hasil Mading 3D yaitu Diah Intan Kusuma Dewi, ST, M.Eng dan Dr. Ir. Rina Kurniati, MT selaku Dosen PWK Undip.
  Kemudian pada hari kedua, terdapat Pameran dan Talkshow yang dilaksanakan di Gedung Oudetrap Kota Lama Semarang yang dihadiri oleh 130 pengunjung dari kalangan umum. Acara ini dipandu oleh MC Hasbi dan Zahra, kegiatan yang dilaksanakan diantaranya talkshow menarik oleh beberapa pembicara, pameran seni yang berisi karya mading 3D dan karya anak Planologi lainnya, pengumuman pemenang LOKASI, serta di penghujung acara Teatrikal Unissula ikut memeriahkan dengan membawakan teatrikal bertema urban heritage. Pembicara yang mengikuti talkshow yaitu Yosua Adrian, M.Hum selaku perwakilan dari Kemendikbud, Tjahyono Rahardjo selaku Tim Ahli Cagar Budaya Kota Semarang, Ibu Nik selaku perwakilan dari Dinas PU Kota Semarang, dan Wahyu Bawono Arum Aji selaku penggiat Komunitas Pemuda Tata Ruang (Petarung). 
  Lalu, kamu kepo gak siapa saja pemenang dari LOKASI 2018 ini? Tenang, kamu gak perlu kepo lagi karena kamu bisa lihat melalui list di bawah ini! 

Pemenang LKTI:
JUARA 1 Universitas Udayana (Tim Putu Sarthana)
JUARA 2 Universitas Diponegoro (Tim Indah Fajrianti)
JUARA 3 Universitas Diponegoro (Tim Rani Setiani)

Pemenang Mading 3D:
JUARA 1 SMAN 1 Teras Boyolali (Tim Dewangga Gilang)
JUARA 2 SMAN 1 Kota Tegal (Tim Zahra Nur Sabrina)
JUARA 3 SMAN 1 Kebumen (Tim Putra Akbar)
JUARA HARAPAN SMAN 2 Kota Semarang (Tim Corina Missy)
BEST POSTER SMAN 1 Kebumen (Tim Nabilah Hasna)

PARADISE

  PARADISE telah dilaksanakan pada tanggal 10 November di Auditorium Imam Barjo. PARADISE merupakan acara yang memadukan market, art exhibition, dan pentas seni. Pengunjung yang datang langsung disuguhi oleh berbagai jajanan yang memanjakan lidah di market, market ini diisi oleh total 9 tenants yang menjual berbagai macam makanan dan juga terdapat penjual jasa karikatur. Market berlokasi di luar gedung dan terdapat tempat-tempat duduk bagi pengunjung yang ingin menikmati makanannya sambil bersantai. 
  Setelah selesai mengocek saku di market, pengunjung memasuki gedung dan kemudian disuguhkan lebih dari 60 karya seni yang memanjakan mata dan instagrammable dipamerkan di art exhibition. Karya yang dipamerkan ini merupakan sumbangan karya dari 6 komunitas (Kuda Lari, Semarang Coret, Batik, Hunting Pasar, Imaji Kota, dan Pena Hitam) serta 9 penyumbang lainnya dari kalangan umum.


  Pengunjung yang sudah selesai melihat dan menikmati art exhibition kemudian dapat berjalan ke depan dan menikmati pentas seni yang merupakan main event dari PARADISE. Pentas seni terbagi menjadi dua sesi dengan sesi pertama dari pukul 17.00 – 18.30 serta sesi kedua dari pukul 19.00 – selesai. Acara pada sesi pertama dipandu oleh MC Falian dan Sya, acara ini diisi oleh Saman Planologi, Band Angkatan 2018, pengumuman pemenang Lomba Fotografi, Band Angkatan 2017, Band Angkatan 2016, serta Homeband Planologi.

  Kemudian acara pada sesi kedua dipandu oleh MC Ian dan Wisnu dari TRAX FM. Acara pada sesi kedua ini diisi oleh berbagai band lokal asal Semarang dan juga band lokal .FEAST asal Jakarta. Penampilan pertama diisi oleh Sore Tenggelam yang melantunkan lagu indienya, dilanjutkan oleh Aknostra dengan lantunan lagu hip-hopnya, dan kemudian Hills Collective juga ikut memanaskan panggung PARADISE dengan membawakan lagu-lagu hip-hop. Dan tentunya penampilan terakhir dan yang paling ditunggu-tunggu, .FEAST akhirnya membawakan lantunan lagu rock-nya yang melengkapi kemeriahan pada malam puncak PARADISE! 

  Dengan sudah terselenggaranya dua rangkaian acara Dipocition 2018, yaitu LOKASI dan PARADISE, maka berakhir pula perjalanan Dipocition 2018 ini. But still, keep yourself updated about DIPOCITION by following our social media so you’ll be the first to know if we have a more interesting event in the future. And also, we’d like to say thank you for everyone who has participated in this event. Ciao, till next time!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar