Press Release: LKMM-PD PWK 2018

LKMM-PD PWK 2018 

DPWK Undip Semarang, 20-21 November 2018 

  Latihan Keterampilan dan Manajemen Mahasiswa tingkat Pra Dasar merupakan sebuah pelatihan yang diberikan kepada mahasiswa, khususnya mahasiswa baru dalam rangka meningkatkan keterampilan dan manajemen diri. LKMM-PD PWK 2018 ini telah terlaksana pada Sabtu dan Minggu tanggal 20 dan 21 Oktober 2018. Sesuai dengan ketentuan dalam Kemenristekdikti, pelaksanaan LKMM-PD ini sendiri berlangsung selama 14 jam. 

  Keberlangsungan LKMM-PD PWK 2018 yang diberikan kepada mahasiswa PWK angkatan 2018 ini merupakan program kerja dari bidang PSDM HMTP Undip 2018. Diketuai oleh Mokhamad Rifky Pratama dari angkatan 2017, serta dengan pembawa acara atau MC yaitu Luthfi Arief Azzahra dan Muhammad Rahadi dari angkatan 2017, rangkaian acara LKMM-PD PWK 2018 ini berjalan dengan lancar. Sebelum memulai acara, kata sambutan juga diberikan oleh ketua pelaksana, ketua HMTP Undip 2017 Zukruf Novandaya, dan juga Sekretaris Departemen PWK Undip, Ibu Dr. Ir. Retno Widjayanti, M.T. 


  Rangkaian acara pada hari pertama dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Undip, Mars Teknik dan Mars Planologi. Kemudian acara pada hari pertama sendiri terdiri atas materi, ice breaking dan ishoma. Adapun materi yang dibawakan terdiri atas penyampaian materi dan juga tanya jawab serta simulasi dari materi yang disampaikan sehingga para peserta tidak hanya duduk dan mendengarkan tetapi juga setelah itu mempraktikannya. 

  Materi - materi pada hari pertama dibawakan oleh beberapa dosen DPWK Undip sendiri yaitu antara lain adalah Ibu Dr. Artiningsih, S.T, M.Si dengan materi "Persepsi", kemudian materi kedua yaitu tentang "Kesalahan - Kesalahan Berpikir" yang dibawakan oleh Ibu Dr. Ir. Rina Kurniati, M.T. Selain dibawakan oleh dosen, mahasiswa PWK angkatan atas juga turut berpartisipasi dalam mengisi materi seperti Mas M. Fattah Dewantara dari angkatan 2015 dengan materi “Etika Forum dan Gaya Kepemimpinan”, kemudian Mas M. Fajri Nugraha dari angkatan 2015 dengan materi “Sasaran, Risiko dan Konsekuensi” serta Mbak Iras Nurlita Fitriani yang juga dari angkatan 2015 dengan materi “Analisa Potensi Diri”. Di sela-sela materipun terdapat ice breaking yang menjauhkan peserta dari rasa jenuh sehingga mengurangi rasa ngantuk dan bosan dalam mendengarkan materi. 

  Hari kedua berisikan pertemuan peserta yang merupakan mahasiswa baru PWK angkatan 2018, dengan mahasiswa PWK angkatan – angkatan diatasnya yaitu angkatan 2017, 2016 dan juga 2015. Pertemuan angkatan ini tidak semata-mata hanya bertemu dan mengobrol, tetapi ada materi yang dibawakan oleh setiap angkatan. Angkatan 2017 membawakan materi tentang “teamwork”, sedangkan angkatan 2016 tentang “komunikatif” dan angkatan 2015 tentang “kepedulian”. Pertemuan angkatan ini sekaligus menjadi ajang untuk perkenalan dengan angkatan atas dan berbagi pengalaman, juga berbagi pengetahuan melalui materi yang disampaikan. Penyampaian materi oleh setiap angkatan ini waktunya lebih banyak digunakan dalam bentuk praktik, games dan tanya jawab dibandingkan dengan materi dalam bentuk ceramah. 


  Setelah penyampaian materi dan pertemuan dengan tiga angkatan atas, peserta diberi inaugurasi yang kemudian menyatakan bahwa rangkaian LKMM-PD PWK 2018 telah selesai. Dengan diberikan video aftermovie rangkaian kegiatan dari hari pertama, peserta dinyatakan telah selesai mengikuti rangkaian kegiatan LKMM-PD PWK 2018. Kemudian hal tersebut diresmikan dan ditutup oleh Ketua HMTP Undip 2018 dengan menyatakan bahwa peserta sudah resmi menjadi anggota muda HMTP Undip. Acara kemudian ditutup dengan pemberian souvenir dari panitia kepada peserta, kemudian salam – salaman dan foto bersama. 

Selamat, 2018! Kalian sudah menyelesaikan LKMM-PD PWK 2018. Ditunggu kontribusi dan karyanya bagi himpunan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar