Press Release: Internship HMTP 2018


Press Release: Internship HMTP 2018

   Internship HMTP merupakan wadah bagi anggota muda HMTP untuk dapat mengenal lingkungan kampus Planologi serta himpunan dan biro. Kegiatan Internship HMTP terlaksana pada 29 Oktober hingga 25 November. Kegiatan ini dilaksanakan oleh 146 anggota muda HMTP yang terbagi dalam 5 kelompok besar yaitu; kelompok seni dan olahraga, kelompok riset , kelompok social dan entrepreneurship, kelompok kepemimpinan dan keorganisasian dan kelompok creative media. Masing-masing kelompok terbagi dalam kelima bidang HMTP kemudian diberikan pembimbingan dan pendampingan sesuai bidang keahlian. Sistem sit in juga berlaku dalam internship HMTP, sehingga anggota muda HMTP dapat mengenal bidang lain di HMTP selain bidang yang diikuti. 
   Pada tanggal 29 Oktober dilaksanakan first gathering yang mempertemukan seluruh pengurus HMTP 2018 dengan seluruh peserta internship. First gathering ini diisi dengan materi tentang HMTP oleh Zukruf Novandaya dan penjelasan struktur kepengurusan. Berikutnya, peserta diarahkan untuk berkumpul bersama kelompok minat masing-masing. Pada kelompok/bidang bidang di HMTP ini dijelaskan tugas pokok dan fungsi dari masing-masing bidang serta bentuk wadah apa yang disiapkan bidang tersebut pada seluruh anggota HMTP. 
    Pada Selasa, 30 Oktober 2018 dilaksanakan materi sosial di ruang Teater MPWK dan diisi oleh Sekar Kharisma angkatan 2015, dengan materi peran mahasiswa dalam pengamalan tridharma perguruan tinggi khususnya dalam konteks pengabdian. Pada materi ini anak anak kelas sosial diberikan tugas untuk menampung sampah plastik yang dijual yang nanti akan didonasikan di akhir acara intership kelas sosial. Selain materi sosial, kelas pada hari itu diisi dengan materi kewirausahaan yang diisi oleh Eka Jasmine angkatan 2015. Materi ini diikuti oleh seluruh peserta internship kelompok social dan entrepreneurship.
   Pada Senin, 5 November 2018 dilaksanakan materi pertama kelompok kepemimpinan dan keorganisasian bersama bidang PSDM. Materi yang diberikan ialah tentang pengembangan mahasiswa baru. Materi ini diisi oleh Hadyan Stagofi angkatan 2015 dan diikuti secara antusias oleh peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan dan aktif nya peserta. 
   Pada Selasa, 6 November 2018 dilaksanakan materi Plano Get Idea yang diikuti oleh seluruh peserta kelompok riset dan beberapa peserta sit in lainnya. Materi hari tersebut diisi oleh Yogi Lasril angkatan 2014 dengan substansi mencari ide tentang isu perencanaan. Selain memberikan penjabaran dan pengertian, pada Plano Get Idea juga diadakan brainstorming bagi peserta internship.
   Keesokan harinya Rabu, 7 November 2018, dilaksanakan kelas seni dan olahraga di ruang Teater MPWK dengan materi manajemen UKM yang diisi oleh Rahmat Tri Insani angkatan 2015 yang membahas tata cara manajerial UKM. Berikutnya materi dilanjutkan dengan manajemen acara yang diisi oleh M.Fuad Chakam angkatan 2015 yang membahas tata cara dalam manajerial acara. Pada materi ini juga dilaksanakan simulasi.

Sharing Day

   Pada minggu ini juga dilaksanakan kelas angkatan yang dihadiri oleh seluruh peserta internship HMTP. Kegiatan ini dilaksanakan di hari Sabtu, 10 November 2018 yang berisikan materi sharing day. Sharing day merupakan kegiatan untuk memperkenalkan organisasi diluar jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota. Materi ini diisi oleh perwakilan BEM FT, BEM UNDIP, SENAT FT, SENAT UNDIP dan IMPI. Pada materi ini diperkenalkan dan dijelaskan secara rinci tugas dan fungsi masing masing ormawa. Acara dilanjutkan dengan pemilihan komting angkatan 2018.
   Pada hari Senin, 12 November 2018 dilaksanakan kelas kepemimpinan dan keorganisasian yang diisi oleh Dina Apriliana angkatan 2015 dan membawakan materi tentang pengembangan mahasiswa lanjut. Materi ini dikritisi dengan baik oleh peserta internship kelompok kepemimpinan dan keorganisasian dapat dilihat dari pertanyaan yang disampaikan oleh peserta. 

Kelas Creative Media

   Kelas creative media melaksanakan design class dan public relation through social media yang dilaksanakan pada Rabu, 13 November 2018 di ruang Seminar DPWK. Materi design class diisi oleh Zahra Ratu angkatan 2015 dan materi public relation through social media diisi oleh Jonathan Hardianto angkatan 2015. Materi design class menitikberatkan pada layouting sebuah poster dan menjadikan poster yang menarik dan interaktif. Sedangkan pada materi public relation through social media dijelaskan bagaimana melakukan branding dan public speaking melalui media sosial. Materi ini juga dilengkapi dengan simulasi yang diikuti sangat antusias oleh seluruh peserta.
   Pada pertemuan angkatan minggu ketiga, Sabtu 17 November 2018 dilaksanakan materi pengetahuan planologi oleh Zukruf Novandaya selaku ketua HMTP dijelaskan, laboratorium yang ada di Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota serta warna dan makna dari tiap laboratorium. Selain itu, pada pertemuan kedua ini diberikan materi manajerial tim oleh Maestri Gritanarum angkatan 2015. Peserta kemudian diberikan simulasi terkait manajemen tim. 
   Pertemuan angkatan minggu keempat dilaksanakan pada Selasa, 20 November 2018 dengan materi teknik sidang. Pada materi ini peserta internship diajak turut aktif dalam sidang lembaga melalui adanya simulasi. Simulasi sidang berlangsung selama 90 menit yang dapat menggambarkan suasana sidang lembaga. 
   Pada pertemuan angkatan berikutnya, terdapat presentasi akhir hasil internship. Peserta internship dari tiap kelompok memaparkan hasil yang didapat dari materi dan rangkaian kegiatan yang terlaksana. Presentasi ini juga dilengkapi oleh hasil dan progress angkatan 2018 dalam proses pembimbingan dan pendampingan di HMTP. Acara hari itu ditutup dengan pelantikan anggota muda HMTP yang dikukuhkan menjadi anggota HMTP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar